Minggu, 30 Juni 2013

Cendawan Antagonis Pada Areal Pertanaman Tomat. By Qissem Bareiniy, S.P



RINGKASAN

QISSEM BEREINIY. Cendawan antagonis pada areal pertanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill) di bimbing oleh Dr. Ir. Nurhayati. M,Si.
            Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat cendawan antagonis yang terdapat pada areal pertanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill) di datarn rendah, dataran sedang dan dataran tinggi.
            Praktik lapangan ini dilakukan di tiga tempat yaitu Indralya, Palembang dan Pagaralam. Identifikasi candawan dan uji antagonis dilakukan di laboratorium Fitofatologi Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya dari bulan Oktober hingga Desember.
           
Parameter yang di amati meliputi jumlah koloni cendawan yang diperoleh, identifikasi cendawan yang diperoleh, dan uji antagonis cendawan yang diperoleh.
            Hasil praktik lapangan ini menunjukkan bahwa pada dataran rendah terdapat yaitu Indralaya terdapat cendawan Trichoderma  spp dan Aspergillus spp. Pada dataran tinggi yaitu Pagaralam diperoleh cendawan Aspergillus spp. Sedangkan pada datran sedang yaitu Palembang diperoleh cendawan Aspergillus spp dan Penicillium spp.
            Daya hambat Trichoderma spp terhadap patogen Rhizoctonia solani adalah 95 % , Aspergillus spp dapat mengahambat daya tumbuh Rhizoctonia solani sebesar 50 % sedangkan Penicillium spp dapat menekan daya tumbuh Rhizoctonia solani sebesar 75%.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...