Rabu, 15 Mei 2013

Jamur Air



Jamur air atau Oomycota adalah kelompok protista uniseluler yang berfilamen. Jamur air secara fisik mirip denganfungi. Mereka mikroskopik. Nama "jamur air" yang diberikan berdasarkan fakta bahwa mereka tumbuh dengan baik dalam kondisi kelembaban yang tinggi dan berair.
Jamur air pada awalnya dikelompokkan sebagai fungi, tetapi sekarang diketahui telah berkembang terpisah dan menunjukkan banyak perbedaan. Dinding sel mereka tersusun atas selulosa, bukan chitin. Juga, dalam reproduksi vegetatif, mereka memiliki nuklei diploid, sedangkan fungi memiliki nuklei haploid.
Jamur air memiliki hubungan dengan organisme seperti ganggang coklat dan diatom, membuat suatu kelompok yang dikenal dengan heterokon. Namanya berasal dari susunan umum dan struktur sel yang mampu bergerak, yang berciri memili dua flagella tidak sama. Di antara jamur air, ini diproduksi sebagai spora aseksual yang disebutzoospora. Mereka juga memproduksi spora seksual yang disebut oospora.
Jamur air secara ekonomi dan sains berguna sebab mereka adalah patogen tumbuhan yang agresif. Secara umum dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok.
·         Kelompok Phytophthora adalah genus yang menyebabkan penyakit seperti dieback, potato blight, sudden oak death dan rhododendron root rot.
·         Kelompok Phythium adalah genus yang lebih mudah ditemui di mana-mana daripada Phytophthora.
·         Kelompok ketiga adalah downly mildews, yang dapat dengan mudah dikenali karena fisik "mildew" putih pada permukaan daun.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...