Senin, 03 Desember 2012

KLINTAN HPT UNSRI (Bio-Para)


Maz Echo Site’s.  __ November 2012
Salam Adventure buat pengunjung setia “Mas Echo Site’s”. kali ini saya akan memposting artikel yang berkaitan langsung dunia perkuliahan saya, yaitu dunia proteksi tanaman. Buat para pembaca saya ucapkan selamat menikmati.

BIO-PARA
Klinik tanaman HPT Unsri merupakan Unit Usaha dan Industri di bawah Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya yang mendayagunakan hasil temuan Iptek dan kepakaran di Jurusan HPT  untuk mengurangi kehilangan hasil pertanian dan pencemaran oleh pestisida serta membantu pemerintah dalam difusi tekhnologi perlindungan tanaman.
Bio-para merupakan bio-fungisida dari jamur mikroparasit yang setiap gramnya mengandung 1x10 propagul 4 starain Trichoderma virens untuk mengendalikan jamur akar putih (JAP).
Aplikasi Untuk mencegah penyakit :
1.       Saat tanam: taburkan 2 genggam serbuk Bio-para disetiap lubang tanam.
2.       Tanaman umur 6 bulan sampai 2 tahun: taburkan 2 genggam Bio-para pada alur sedalam 5 cm melingkar pada batang diseluruh tanaman. Kemudian tutup kembali dengan serasah dan tanah. Penaburan dilakukan setiap 6 bulan sekali sampai tanaman berumur 2 tahun.
Aplikasi untuk pengobatan penyakit :
Taburi 2 genggam Bio-para pada pohon sakit dan 4-8 pohon yang berada disekitarnya (pohon disekitar pohon sakit biasanya telah terjangkiti JAP tetapi belum menunjukkan gejala). Gali lubang sedalam 15 cm melingkari pangkal batang, setelah bio_para ditaburi, tutup kembali lubang dengan serasah dan tanah galian, ulangi pengobatan setiap 6 bulan.
Info lebih lanjut silahkan menghubungi :

Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan (HPT), Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya.
Jl. Palembang – Prabumulih Km.32, Indralaya, Palembang 30662
Telp/Fax. 0711-580663. HP. 08127137030 dan 08127880446

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa Follow mas bro & mbak sist

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...