Kamis, 28 Juni 2012

Senandung Kehidupan : Kapak Tajam Kehidupan



Everyone has a will to min
but very few have the will to prepare the win
Setiap orang punya keinginan untuk menang,
tetapi hanya sedikit  yang mau mempersiapkan diri untuk menang.
(Vince Lombardi)

Ketika kita masih berada di kelas satu SD, kita melihat kakak kelas kita yang sudah kelas tiga atau empat dengan penuh kekaguman. Buku yang mereka bawa lebih tebal, dan mereka bisa lancar membaca komik yang sarat dengan tulisan dan gambar yang menarik, sementara buku cerita yang bisa kit abaca masih didominasi dengan nuansa gambar. Mereka menghitung lebih cepat, menulis lebih bagus dan bisa menyanyikan lagu lebih banyak dari pada kita anak-anak kelas satu. Ketika kita kelas empat, kita mengagumi anak-anak kelas enam yang rajin belajar mempersiapkan ujian ke SMP. Demikian seterusnya, dan orang-orang yang kita kagumi akan terus ada dalam setiap langkah kehidupan kita hingga tiba-tiba saja kita tersentak ketika menerima SK Pensiun.

Kebanyakan dari kita memang seperti itu, sibuk dengan kekaguman pada pencapaian orang lain, tanpa menyadari bahwa kitapun sebenarnya perlu melangkah. Memang ada yang melangkah maju karena termotivasi orang-orang yang diidolakan, dan merekapun akan menjadi orang yang sukses, tetapi banyak yang melangkah setapak dan undur setapak alias jalan ditempat sambil terus terkagum-kagum pada pencapaian orang lain tanpa berusaha menirukan apa yang mereka lakukan. “Merekalah si pemilik kegagalan”.

Ibarat sebuah kapak yang tumpul, usang dan tidak dapat di andalkan untuk menebang sebatang pohon besar. Kita perlu mengasahnya agar kapak tersebut dapat di pergunakan. Barulah kapak tadi bisa kita ayunkan kepohon yang akan kita tebang. Dan jika kapak tak mampu lagi memotong , maka harus kita asah kembali agar tetap tajam.  Mengasash kapak memang perlu waktu, tetapi kapak yang tajam menyebabkan kita lebih mudan menebang pohon.

Kita memang perlu istirahat sebentar dan sabar mengasah kapak,
mempersiapkan peralatan kita sebaik mungkin
agar pekerjaan kita bisa lebih mudah dan cepat kita selesaikan.

Lebih dari pekerjaan duniawi, sesungguhnya menebang segala macam hal negative dalam rangka menyucikan diripun, akan lebih mudah kita laksanakan bila kapak kita tajam, niat kita bulat dan tangan kita cukup kuat untuk mengayunkannya…….

Sesungguhnya, semua peristiwa yang kita alami dalam hidup ini
dan segala pekerjaan yang kita laksanakan hendaknya kita nantikan dengan
kesabaran hati.

Nah selamat manebang……..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...