Selasa, 02 Juli 2013

SMK Pelopor Energi Terbarukan (Bioenergi)

Prof. Karna Wijaya dan Panitia penyelenggara
Memadukan Mutiara Tradisi Pesantren Salafi Dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Mutakhir. Itulah sekelumit kalimat yang menjadi simbol SMK Bioenergi Al-Fudhola’ Sumatera Selatan. Bertempat di Jalan Lintas Sumatera Desa Srigunung Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Salah satu konsep pengembangan “Biofuel” di SMK ini mengadakan Seminar Nasional yang berusung temaPotensi EBT (Energi Baru dan Terbarukan) di Indonesia Blue Print Pengelolaan Energi Nasional  dimana sebagai pembicara seminar adalah Prof. Dr.rer.nat. Drs. Karna Wijaya, M.Eng. dari FMIPA Universitas Gajah Mada Sekip Utara Yogyakarta. Dalam seminar tersebut turut serta ahli bioenergi dari FMIPA UNSRI. Para peserta seminar terdiri dari guru-guru SMA/SMK se sungai lilin.

Tujuan dari diadakannya Seminar pembekalan Bioenergi ini antara lain :
a.     Memberi pembekalan kepada guru/pengajar tentang pentingnya penerapan Bioenergi saat ini.
b.    Mengenalkan konsep Biofuel (bioenergi) sebagai energi terbarukan.
c.     Menerapkan Biofuel (bioenergi) untuk bahan ajar setara SMK.
d. Diharapkan nantinya siswa-siswi SMK bisa menjadi pelopor penerapan bioenergi sebagai industri rumahan.
e.       Mewujudkan keamanan pasokan energi dalam negeri.

Suasana seminar
Berdasarkan kebijakan energi nasional (Perpres No. 5 Tahun 2006), arah kebijakan energi terbarukan bahan bakar nabati (BBN) antara lain :
1.   Pengembangan BBN untuk menggantikan sebagian BBM
2. Pada tahap awal pengembangan BBN dilakukan oleh beberapa perusahaan besar yang dipilih untuk mencapai nilai keekonomian.
3.  Penyempurnaan penetapan besaran quota mandatory dalam penggunaan BBN untuk sektor transportasi.

Jejak pendapat
Hasil akhir dari seminar  pengembangan “Biofuel” di SMK ini diharapkan adanya ikatan kerjasama antara SMK dengan pihak/instansi terkait dalam hal ini antara SMK Bioenergi Sumatera selatan dengan FMIPA Universitas Gajah Mada dan FMIPA Universitas Sriwijaya. Demi terciptanya energi bahan bakar terbarukan sebagai cadangan bahan bakar alternatif nasional.        SMK Bisaaaaaaa....!!!!!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...