Minggu, 20 Februari 2011

TAMAN WISATA POLULER DI PALEMBANG



TAMAN WISATA KAMBANG IWAK


Kambang Iwak sebuah danau wisata yang terletak di tengah kota, dekat dengan tempat tinggal walikota Palembang. Di tepian danau ini terdapat banyak arena rekreasi keluarga dan ramai dikunjungi pada hari libur. Selain itu di tengah danau ini terdapat air mancur yang tampak cantik di waktu malam. Dengan tenant-tenat yang terdapat di pinggir kolam ini menambah lengkap sebagai tempat tujuan wisata.

Di tahun 1950-an justru kolam ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah kota Palembang, di karenakan kolam ini banyak di jadikan tempat mencuci kendaraan baik roda 2 maupun roda 4.
 
Era 90-an kawasan ini merupakan kolam retensi yang kurang terawat di mana sekeliling kolam ini banyak terdapat penjual bunga hias pada saat siang hari dan di malam hari banyak di penuhi oleh kupu-kupu malam dan waria yang "menjajakan" diri disini. kondisi ini hanya sampai di awal tahun 2000 an, semenjak pergantian banyaknya event yang ada di Palembang seperti PON 2004 di mana, seluruh tempat bersolek seiring dengan BKB yang mulai di percantik di tahun 2003, jembatan Ampera juga mulai berganti warna, dan beberapa tempat lainnya yang mulai berbenah.

Begitu juga Kambang iwak besak yang bekerja sama dengan Bank Sumsel yang merupakan salah satu BUMD di kota ini, mulai berbenah begitu juga dukungan dari pihak asing seperti bangunan yang ada di atas ini merupakan kerjasama antara pihak propinsi Sumatera Selatan dan pemerintah Jepang.



TAMAN WISATA PUNTIKAYU
Taman Wisata Alam Puntikayu merupakan satu-satunya hutan wisata di provinsi Sumatera Selatan. Hutan wisata ini berjarak hanya tujuh kilometer dari pusat Kota Palembang, tepatnya di jalan Kol. H Burlian, Kecamatan Sukarami. Kawasan TWA Puntikayu merupakan kawasan konservasi yang ditujukan untuk melindungi keanekaragaman jenis flora dan fauna.

Taman Wisata Alam Puntikayu memiliki panorama hutan pinus yang menyajikan pemandangan yang sangat indah. Hutan wisata ini sangat cocok untuk jalan-jalan di akhir pekan bersama keluarga. Para pengunjung dijamin akan merasakan segarnya panorama hutan pinus, dan rasa kagum pada beberapa satwa yang ada penangkaran. Anda bisa menikmati hijaunya pepohonan dan keanekaragaman binatang yang ada di Punti Kayu.

Hutan Wisata Punti Kayu ini dapat dijangkau dengan kendaraan umum trayek km 12. Untuk tiket masuk bagi anak-anak sebesar Rp. 2.000,- dan untuk dewasa sebesar Rp. 4.000,-. Hutan wisata yang memiliki luas sekitar 50 hektar ini sejak tahun 1998 telah ditetapkan sebagai hutan lindung. Pembangunan Hutan Wisata Punti Kayu sendiri dimulai sejak tahun 1986 dengan menambah beberapa sarana wisata. Sekarang Punti Kayu sudah menjadi kawasan terbuka hijau Kota Palembang.

Taman Hutan Wisata Punti Kayu dibagi menjadi empat wilayah, yaitu wilayah hutan lindung, wilayah perkemahan, wilayah danau dan rawa, serta yang terakhir adalah wilayah taman rekreasi. Wilayah taman rekreasi mempunyai banyak fasilitas untuk memanjakan pengunjung. Di wilayah ini Anda dapat berenang di kolam renang, melihat-lihat flora dan fauna di kebon binatang, atau hanya sekedar duduk-duduk karena di sini disediakan tempat untuk berteduh. Di kawasan ini juga terdapat tempat penangkaran buaya. Disana juga terdapat sarana olah raga dan ruang serba guna.

Selain itu ada juga arena menunggang kuda, area atraksi gajah, taman bunga, taman bermain anak, dermaga perahu, kolam renang anak, jembatan gantung, panggung terbuka, dan joglo/pendopo. Untuk fasilitas terdapat pintu gerbang, loket karcis, mushola, pusat informasi, toilet umum, kantin/pondok pedagang, tower air, pos keamanan, dan tempat parkir yang luas.

Hingga saat ini kebon binatang Punti Kayu mengoleksi sejumlah satwa. Dengan Rp1.000 per orang, Anda bisa langsung menyaksika 20 macam binatang yang berada di dalam penangkaran seperti buaya muara, landak, macan tutul, beruang, bebek, ular, ayam kalkun, elang bondol, elang garuda, malu-malu, siamang, kelinci, burung kuntul perak, kucing hutan, merpati, monyet, lutung simpei, orang utan, angsa, biawak, dan burung kasuari.

Taman hutan wisata ini ditumbuhi beraneka pohon khas tropis yang cukup lebat dan rindang di antaranya pohon pinus. Hutan pinus di Punti Kayu ini adalah hutan pinus kota terbesar di Indonesia. Sebagian hutannya menjadi habitat bagi sekelompok monyet. Dan didalamnya juga terdapat telaga mungil yang kian membuat taman ini terlihat asri. Telaga ini dilengapi beberapa perahu sampan dan jembatan kayu. Bahkan pengelola Hutan Wisata Punti Kayu menyediakan paket-paket permainan outbound. Bukan hanya binatangnya saja yang menarik. Banyak tempat–tempat rekreasi dan permainan keluarga yang tidak kalah serunya seperti permainan outbound yang menantang nyali pengunjung, dengan peralatan yang lengkap untuk menjaga keselamatan pengunjung. Dari ketinggian kurang lebih 7 meter pengunjung bisa melunjur kebawah melewati sela–sela pohon pinus.

Posting by Echo...Amc_P

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...